Literasi Membangun Negeri

Angket Uji Coba

Praktik Baik Mencintai Produk dalam Negeri

Pemerintah mendorong penguatan literasi agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang berdaya, meningkatkan produktivitas dan daya saing, melakukan revolusi karakter bangsa, memperteguh kebhinekaan dan membuat restorasi sosial Indonesia. Upaya-upaya implementasi Gerakan Literasi Nasional itu meliputi gerakan literasi sekolah, gerakan literasi keluarga, dan gerakan literasi masyarakat.

Literasi adalah kebutuhan dasar setiap manusia karena literasi menyangkut komunikasi dengan masyarakat. Literasi adalah pembelajaran sepanjang hayat yang menjadi sebuah kebiasaan atau budaya. Namun, literasi identik berada di wilayah pendidikan dan berkutat pada kegiatan proses membaca buku.

Beberapa sekolah di Indonesia telah melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah setelah Anies Baswedan, Menteri Pendidikan era Jokowi menggulirkan Gerakan Literasi Sekolah di tahun 2015. Gerakan literasi merupakan gerakan yang mengkolaborasikan seluruh pemangku kepentingan. Di bidang Pendidikan, Gerakan Literasi Sekolah bergerak bersama menyiapkan siswa dalam kematangan berliterasi. Siswa mengakses, memahami, dan menggunakan informasi secara cerdas. Di masyarakat, gerakan literasi memberi ruang masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah desa, dimulai dari lini terkecil dan terdekat dengan masyarakat. Ketua RT dan RW tampil dengan gerakan 1821, gerakan tanpa dawai dari jam 18.00 sampai jam 21.00. Pada literasi keluarga, ayah dan ibu menemani anak membaca sekaligus memastikan bahan literasi terpenuhi.

Gerakan Literasi disambut dengan baik oleh berbagai pihak. Agar praktik literasi di sekolah terutama di kelas tidak monoton dan sebatas formalitas, maka perlu aktivitas berkelanjutan. Perlu inovasi-inovasi dan praktik baik di bidang literasi supaya tidak membosankan. Setelah terbiasa dengan aktivitas membaca, aktivitas literasi berlanjut ke kegiatan mengevaluasi informasi yang didapat, mengaitkan informasi yang didapat dengan informasi lain, menyimpulkan, mengaitkan informasi dengan hasil observasi kemudian merefleksikan dengan berbagai disiplin ilmu. Literasi terasa menjadi sebuah aktivitas yang lebih bermakna dan menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Literasi menghasilkan produk sebuah jurnal, resensi, sinopsis, laporan ilmiah, esai, dan lain sebagainya. Bahkan pada konteks saat ini, literasi bisa mencegah penyebaran informasi hoax di masyarakat. Literasi juga bisa menjadi agen perubahan pola pikir.

Literasi sains, membuat ulasan uji coba atau praktek. Literasi bidang olahraga, siswa bisa menuliskan hasil pertandingan yang ditonton semalam. Dari segi bahasa, literasi banyak jenisnya. Siswa dapat diminta membuat sebuah puisi, ulasan dari pementasan drama, menganalisis sebuah karya sastra, atau bahkan menyusun esai setelah mengamati sebuah objek.

Gerakan literasi memungkinkan guru untuk memasukkan misi tertentu, salah satunya gerakan mencintai produk dalam negeri sebagai gaya hidup masa kini. Guru mendesain literasi sedemikian rupa sehingga konsep mencintai produk dalam negeri mengena dan tidak hanya sekedar jargon tetapi kesadaran untuk mejadikan gaya hidup. Pertamina misalnya, mempunyai Fastron sebagai produk dalam negeri pertama yang menjawab kebutuhan masyarakat akan perlindungan maksimal pada mesin mobil yang sebelumnya hanya bisa didapat dari oli impor. Nantinya, siswa bisa mengenalkan oli Fastron kepada orang tua dan keluarga di rumah. Khusus siswa yang berkendara sepeda motor, perkenalkan oli Enduro.

Sekolah berpredikat Adiwiyata (sekolah peduli lingkungan hidup) mengusung konsep yang sama dengan oli Fastron dan Enduro. Peduli lingkungan, hemat energi dan penyerapan maksimal. Bagi guru dan siswa di sekolah Adiwiyata, mencintai lingkungan adalah bagian dari gaya hidup.

Guru dapat memancing kreativitas siswa dalam literasi menulis. Siswa diminta melakukan uji coba atau pengamatan terhadap pemakaian oli Enduro. Setelah pemakaian oli Enduro pada beberapa motor siswa, guru meminta siswa mengisi sebuah angket. Di dalam angket berisi pertanyaan-pertanyaan yang menggiring siswa untuk mengetahui kelebihan-kelebihan oli Enduro. Apakah Enduro merupakan produk oli yang bagus, apakah oli yang bagus berpengaruh terhadap penggunaan bahan bakar, apakah bahan bakar menjadi lebih irit, apakah perawatan mesin motor menjadi lebih ringan, dan tentunya apakah dampak terhadap kerusakan lingkungan lebih kecil.

Pengisian angket adalah pembuktian kepada siswa bahwa oli kendaraan yang mereka uji coba adalah oli yang bagus dan layak menjadi idola bagi kendaraan siswa. Siswa mempunyai pemikiran bahwa gaya hidup masa kini selain keren dan kekinian juga harus cerdas. Cerdas yang dimaksud adalah tepat dan peka. Tepat memilih sebuah keputusan/produk dan peka terhadap kondisi lingkungan.

Enduro sebagai oli produk/karya anak bangsa juga produk yang ramah lingkungan, eco friendly. Memasukkan konsep cinta produk dalam negeri pada pembelajaran literasi dapat berkembang ada efek dari penggunaan produk tersebut. Sisa pembakaran berkurang dan generasi muda ikut merawat lingkungan dengan menekan dampak pemanasan global. Pada pembelajaran literasi kali ini, guru telah memasukkan tiga praktik baik, cinta produk dalam negeri (Indonesia), ramah lingkungan, dan menghilangkan fanatisme terhadap merk tertentu (oli impor).

Jika konsep literasi mencintai produk dalam negeri sebagai gaya hidup dan idola bagi anak muda berhasil dengan baik, maka sebagai rakyat Indonesia pada lingkup terkecil (sekolah) telah ikut mensukseskan visi perusahaan pemerintah, yakni menjadikan perusahaan PT Pertamina Lubricant sebagai anak perusahaan PT Pertamina meningkatkan kekuatan bisnis perseroan di bidang usaha pelumas pada masa mendatang sehingga terwujud perusahaan minyak nasional kelas dunia sebagaimana amanat UU No.22 Tahun 2001 tentang minyak dan gas.

Desain praktik baik mencintai produk dalam negeri sejatinya dapat dikaitkan dengan kearifan lokal dan budaya/kebiasaan siswa di lingkungan tersebut. Pengajaran literasi yang relevan dengan isu-isu kehidupan sehari-hari menjadikan pengajaran literasi berdaya menjalankan peran nya dan membentuk literat yang baik sebagai bagian dari masyarakat di daerahnya bahkan negara Indonesia.

Artikel oleh Qonita Fy

Email qonitafy@gmail.com

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.