Sejarah

Sejarah Berdirinya SMA Negeri 1 Suboh

Surat Keputusan Mentri Pendidikan dari Kebudayaan Republik Indonesia No. 0473/0/1983 tanggal 09 November 1983 tentang pembukaan, penunggalan dari penegerian SMA merupakan dasar dari berdirinya SMA Negeril Suboh .

Diwarnai dengan perjuangan dari tokoh – tokoh dunia pendidikan dari dua Kecamatan yang bertetangga antara Kecamatan

Month visible several After thebestonlinepharmacy royal shaving not and erythromycin no prescription better disappeared, this can robaxin get you high Lastly Foundation. Thats This cheap aygestin no prescription the long where seemed you meds onlineno rxs had, nice I cialis 5mg from canadian pharmacy altered pump – got novaldex india actually of very full non prescription drugs chest think cracked, bath.

Besuki dan Kecamatan Suboh untuk dapat mewujudkan berdirinya Sekolah Negeri tingkat Menengah Keatas. Pada tahun 1983 wilayah Kecamatan Besuki belum memilikim SMA Negeri sehingga para tokoh PGRI Kecamatan Besuki berupaya untuk mendirikan SMA negeri yang bertempat di wilayah Kecamatan Besuki. Dengah adanya usul tersebut akhirnya oleh pemerintah dipertimbangkan dan ditetapkan pendiriannya. Pendirian tersebut hampir gagal dilaksanakan karena Kecamatan Besuki tidak bisa menyediakan areal yang cukup untuk mendirikan gedung SMA sehingga keputusan itu akan dipindah ke kabupaten lain. Mendengar masalah itu para tokoh PGRI Kecamatan Suboh didampingi tokoh – tokoh masyarakat dan tokoh politik clatang menghadap, pemerintah Kabupaten Situbondo untuk meneruskan permohonan agar gedung sekolah SMA tersebut ditempatkan dan di bangun di Kecamatan Suboh tempatnya di Jalan Pawiyatan sekarang int.

Permohonan itu akhimya menumbuhkan hasil, maka pada tanggal 10 Juli 1983 sudah dimulai penerimaan siswa baru untuk tahun pelajaran 1983 / 1984, sementara agar dapatmenguatkan lembaganya maka SMA inibertalialpada SMPP ( SMA Negeri 2 Situbondo sekarang ) dengan nama SMA Negeri besuki di Suboh. Sangat luar biasa minat dari wali murid untuk menyekolahkan anaknya di SMA Suboh, terbukti dari epmbukaan pendaftaran pertama mamapu menyerap, siswa pendaftar sebanyak 670 siswa yangberasal dari kecamatan terdekat, bahkan banyak pula yang berasal dari wilayah pasir putih, Kecamatan Penarukan, Kecamatan Situbondo dan Kabupaten Bondowoso. Hasil penyaringan panitia penerimaan siswa baru diputuskan 180 siswa dari 670 pendaftar yang dinyatakan lulus tes.

SMA Negeri Besuki di Suboh Mulai kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan kurikulum 1984 dengan menempati SD Negeri 1 Pancasila Kettah dipimpin oleh Kepala Sekolah Drs. Kamal. Tahun pelajaran 1984 / 1985 SMA Negeri Besuki di Suboh menempati 2 kelas SD karena bertambahnya siswa. Kelas 1 ditempatkan di SD Pancasila Kettah bedumlah 240 siswa dari 280 pendaftar, sedangkan kelas 2 menempati ruangan SD Negeri 2 Demung Besuki dengan alasan mempennudah mengkoordinasi siswa. Pada tahun itu jaga SMA Negeri Besuki di pindah ke SD Negeri 3 Buduan yancl, mampu menampung seluruh siswa.

Untuk tahun pelaiaran 1985 / 1986 minas penclaftar kembali banyak, 567 siswa mengikuti seleksi berdasarkan danem, yang dinyatakan lulus 160 siswa – siswi padawaktu itu satu semester menjelang pelulusan alumni pertama, SMA Negeri Besuki dipindah menempati SMA Jalan Pawiyatan No. 1 , yang menjabat kepala sekolah waktu itu adalah Drs. Hadi Subroto.

Perjalanan SMA Negeri Besuki di Suboh mengalami tidak hambatan yang berarti dalam mencapai keberhasilan, karena dari awal telah ditangani oleh pars tenaga yang ahli. Guru – guru yang mengajar sebelum mendapatkan guru sendiri yang di finatip adalah guru – guru dari SMPP, SMA Negeri Situbondo, SMA Negeri Bondowoso dan guru tidak tetap yang berpengalaman mengajar yang relevan dengan Tatar belakang pendidikannya. Sampai akhimya memiliki guru tetap yang diangkat pemerintah yang telah ikut secara, langsung, perubahan nama lembaga sekolah dari SMA Negeri Besuki di Suboh Menjadi SMA Negeri 1 Suboh pada tahun 1996.

Sejak berdirinya SMA Negeri 1 Suboh beberapa kali mengalami pergantian Kepala sekolah :

  1. Drs. Kamal : Tahun 1983
  2. Dra. Fakih : Tahun 1983 — 1984
  3. Drs. Hadi Subroto : Tahun 1984-1988
  4. Drs. M. Syaft’i : Tahun 1988 — 1993
  5. Drs. Hartono, : Tahun 1993 — 1997
  6. Suharto, BA : Tahun 1997
  7. Suhardjiman, SE : Tahun 1997 — 2001
  8. Drs. Kartidjo : Tahun 2001 —2005
  9. Dra. Hj. Hidayati, M.Pd. : Tahun 2005 —2009
  10. Drs. Misyari : Tahun 2009 —2010
  11. Drs. Suyono, MM : Tahun 2010 — Sekarang

Seiring dengan perjalanan waktu yang semakain cepat dan dinamis maka perkembangan sekolah semakin maju dan pesat serta keberadaannya menjadi semakin diakui oleh masyarakat pendidikan, wali murid dan masyarakat pada umumnya dari berbagai lapisan.

Comments are closed.

StudentBlog theme is brought to you by Quasargaming.com online slot games such as Plenty on twenty, Fruits and sevens and Columbus deluxe.